Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI Semester 2

Kampus TI | Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI Semester 2 | Di kelas kita sudah belajar apa interface tersebut, untuk mengulang materi di kelas, semoga postingan saya tentang interface kali ini bisa memperjelas tentang konsep interface yang kita pelajari di kelas praktikum dan penjelasan tugas yang sudah dikumpulkan minggu lalu.

Kenapa kita butuh interface? Sebagai pengantar kita harus mengetahui apa yang disebut interface dan kegunaannya dalam pemrograman java khususnya pemrograman berorientasi objek, karena kita akan bermain banyak dengan objek tersebut.

Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature atau constant. Interface mendefinisikan sebuah signature dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.

Untuk lebih mudah memahami, interface merupakan sekumpulan dari method-method yang dibuat, namun belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut.Interface bisa diturunkan atau diwariskan kepada class yang ingin memakai method yang ada dalam masing-masing interface tersebut dengan keyword extends [interface yang didefinisikan]. Sebuah class dapat mengimplementasikan 1 interface yang sudah dibuat dengan keyword implements.

Download

0 komentar

Post a Comment