Tips Promosi Online Agar Jualan Cepat Laku

Kampus TI | Tips Promosi Online Agar Jualan Cepat Laku | Suatu usaha tanpa promosi tiada hasilnya. Tanpa promosi mereka (calon pembeli) tak akan mengenal usaha Anda. Promosi bertujuan untuk memperkenalkan bahwa Anda menjual barang/jasa serta mendapatkan brand yang kuat. Jika brand usaha anda telah kuat/tenar, dengan mudahnya mereka (calon pembeli) akan menuju kepada Anda bila produk/jasa tersebut anda miliki. Salah satu promosi yang tepat adalah kita mengetahui siapa TARGET AUDIENCE lapak kita. Kenapa demikian ?
  1. Setiap Produk Punya Target Audience Berbeda-beda. Jual produk sepatu kantor sama sepatu futsal walopun sama-sama pria tapi BEDA targetnya kan?
  2. Setiap Target Punya Cara Promosi Berbeda. Kalo udah tau audience produknya ibu-ibu muda, misal promonya yg cocok di instagram, postingnya artikel parenting, dll. Kalo target produknya laki-laki hobi sepeda, maka iklannya di majalah sepeda bukan majalah bola
Nah buat kita sebagai penjual penting juga mengetahui siapa target Audience kita agar produk kita tepat sasaran. Untuk itu kita sebagai penjualan harus tahu waktu yang tepat untuk berpromosi secara online.


Baru-baru ini saya menemukan data sebagai berikut :

alt text
sumber: microsoft.com

Data tersebut menunjukkan bahwa :
  1. Pengguna Email. Waktu paling sering mereka aktif adalah hari Kamis (berarti weekdays) jam 10 pagi.
  2. Pengguna Facebook (71% dari pengguna internet), paling banyak usia 18-29, pendidikan kuliah/di atasnya. Waktu paling aktif hari Kamis-Jumat (weekdays) jam 1-3 siang.
  3. Pengguna Twitter, paling banyak juga di usia 18-29 tapi rata-rata usianya di atas user sosmed lainnya. Waktu aktif hari Senin-Jumat (weekdays) jam 12 siang dan 5-6 sore.
  4. Pengguna Instagram, pengguna paling banyak Wanita, usia 18-29. Waktu paling aktif hari Senin & Rabu (weekdays) jam 2 pagi (kata ibu-ibu yg aktif jualan di IG sih juga begitu) 5 sore dan 10 malam.
  5. Pengguna LinkedIn (web sosial bisnis/profesional terbesar), paling banyak usia 30-49 (usia kerja), penghasilan cukup besar. Waktu paling aktif hari Selasa-Kamis (weekdays) jam 9 pagi - 5 sore (jam kerja).
Untuk pengaplikasianya bagaimana ?
Lihat siapa audience produk kita, kira-kira lebih cocok dengan tipe pengguna sosial media yg mana? Facebook, instagram, atau yg lain? Lihat waktu paling banyak mereka aktif di internet lakukan PROMOSI minimal di waktu-waktu tersebut.

Contoh, yang jual sepatu kantoran audience-nya mirip sama pengguna pekerja, usia 30an, penghasilan sudah mapan. Ternyata mereka paling aktif di jam kerja. maka promosi lah di siang hari saat jam makan siang insya Allah lebih efektif menghasilkan order.
 
Jadi analisa sesuai produk kita dan data ini juga bermanfaat buat share jualan kita di tempat lain. Misalnya share jualan kita di BUKALAPAK ke pengguna Facebook, Instagram, dll di waktu-waktu yg efektif tersebut Dan diriset (istilah kerennya begitu,hehe) kira-kira mana yg paling menghasilkan order sesuai produk kita masing-masing..

Bagi yang mau Bergabung Bersama Penggerak Pelapak di Bukalapak.com bisa daftar melalui link bukl.pk/daftar-abnn anda akan mendapatkan toko gratis dan banyak keuntungan lainya :)

Selamat mencoba dan jangan lupa sharing ya hasilnya agar bermanfaat buat yg lain +1 +1

0 komentar

Post a Comment