Import dan Export Media Pada Macromedia Flash

Kampus TI | Import dan Export Media Pada Macromedia Flash | Seperti halnya software-software yang lain Adobe Flash juga terdapat fasilitas export dan import. Fungsi import ini digunakan untuk memasukkan media lain misal gambar (jpg, gif, bmp dll), suara (wav, mp3 dll), vector (ai, wmf dll), animasi (swf, gif aminasi dll) atau movie (avi, mpg, mov, wmf dll). Terdapat dua metoda import yang terdapat dalam Adobe Flash yaitu Import dan Import to library. Kedua metoda ini memiliki maksud yang tersendiri, jadi kita harus menentukan metoda import apa yang akan kita gunakan. Import Fasilitas ini menghasilkan media yang kita import akan langsung ditampilkan dalam stage dan tersimpan pula dalam library. Jadi bila kita mengunakan fasilitas ini, kita harus mengatur dulu ke layer dan frame mana import kita lakukan. Metoda ini tidak dapat kita gunakan dalam import media suara. Meski kita melakukan import suara tetapi media suara tidak langsung masuk ke frame. Untuk suara kita tetap harus memasukkan ke frame dengan cara manual.

Import to Library Fasilitas ini menghasilkan media yang kita import hanya masuk ke dalam library. Jadi bila kita akan menggunakan media tersebut, kita harus memasukkan melalui library. Jadi kita harus menampilkan docker library cara menekan Ctrl+F11. Setelah muncul docker tersebut kita bisa menggunakan media tersebut dengan meng-click and drag media tersebut dan dimasukkan ke stage. Kita harus mengingat bahwa sebelum kita memasukkan media kita siapkan dulu frame mana kita akan memasukkan media. Cara ini hanya diperuntukkan memasukkan media selain media suara. Untuk memasukkan media suara diperlukan cara tersendiri yang akan anda pelajari dalam latihan.

Fungsi export digunakan untuk mengubah animasi Adobe Flash menjadi media lainnya, missal: swf, wav, avi, mov, gif animasi, exe, wmf, html dll. Export ini dalam Adobe Flash lazim diistilahkan dengan Publish. Memang dalam Adobe Flash terdapat berbagai macam export yang dapat dilakukan. Karena orientasi kita membuat animasi untuk Media Pembelajaran Interaktif maka modul ini hanya akan membahas export media berwujud swf. Kita memilih swf karena selain kompatibel dengan Macromedia Authorware (software programmer MPI) juga memiliki ukuran file yang kecil.

Untuk lebih jelas bisa download modul dibawah ini.

Download

0 komentar

Post a Comment