1.1. Latar Belakang
Otentikasi (authentication)
merupakan identifikasi yang dilakukan oleh
masing – masing pihak yang saling berkomunikasi, maksudnya beberapa
pihak yang berkomunikasi harus mengidentifikasi satu sama lainnya. Informasi yang
didapat oleh suatu pihak dari pihak lain harus diidentifikasi untuk memastikan
keaslian dari informasi yang diterima. Identifikasi terhadap suatu informasi
dapat berupa tanggal pembuatan informasi, isi informasi, waktu kirim dan
hal-hal lainnya yang berhubungan dengan informasi tersebut. Otentikasi pesan
memang berhasil melindungi kedua belah pihak yang saling bertukar pesan dari
pihak ketiga. Tetapi, otentikasi pesan tidak bisa mencegah kemungkinan kedua
belah pihak saling menyerang satu sama lain. Pada situasi dimana tidak ada
kepercayaan penuh antara pengirim dan penerima pesan, diperlukan suatu
mekanisme yang lebih daripada sekedar otentikasi. Solusi yang paling menarik
dari masalah ini adalah tanda tangan digital (digital signature). Tanda tangan digital adalah suatu mekanisme
otentikasi yang memungkinkan pembuat pesan menambahkan sebuah kode yang
bertindak sebagai tanda tangannya. Tanda tangan tersebut menjamin integritas
dan sumber dari sebuah pesan.
Claus Schnorr’s
authentication dan digital signature scheme
mengambil sekuritas dari permasalahan menghitung logaritma diskrit. Skema ini
menggunakan bilangan prima dan perpangkatan modulo dalam proses pembentukan
kuncinya. Skema ini dipatenkan di Amerika Serikat dan akan berakhir pada
tanggal 19 Pebruari 2008. Skema otentikasi dapat dimodifikasi menjadi skema
tanda tanda digital (digital signature
scheme). Proses pembentukan kunci privat dan publiknya sama seperti skema
otentikasi, hanya saja pada skema tanda tangan digital ditambahkan sebuah
fungsi hash.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk
mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme”.
1.2. Perumusan Masalah
Yang menjadi
permasalahan dalam menyusun tugas akhir (skripsi) ini adalah
1.
Merancang interface dari perangkat lunak pemahaman.
2.
Menampilkan prosedur kerja dari
Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
1.3. Tujuan dan Manfaat
Tujuan
penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah memahami Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme,
serta membuat suatu perangkat lunak untuk membantu proses pemahaman terhadap Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
Manfaat
dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu :
1.
Bagi penulis sendiri, dapat
membantu pemahaman terhadap Schnorr Authentication
dan Digital Signature Scheme, serta dapat meningkatkan
kemampuan pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
2.
Bagi pembaca, dapat digunakan sebagai alat
bantu dalam memahami Schnorr Authentication
dan Digital Signature Scheme serta
dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.
1.4. Pembatasan Masalah
Pembatasan
permasalahan dalam membuat perangkat lunak simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme
adalah sebagai berikut:
1.
Perangkat lunak akan
menampilkan tahap – tahap perhitungan dalam bentuk desimal.
2.
Perangkat lunak menyediakan
teori – teori dasar dari Schnorr Authentication
dan Digital Signature Scheme.
3.
Perangkat lunak akan
menjelaskan prosedur kerja dengan menggunakan bantuan animasi gambar.
4.
Pihak yang berinteraksi adalah
2 orang, yaitu Alice
sebagai pihak pertama dan Bob sebagai pihak kedua.
5.
Algoritma pendukung yang
digunakan dalam skema Schnorr adalah:
a.
Untuk menentukan sifat relatif
prima, digunakan algoritma Greatest
Common Divisor (GCD).
b.
Untuk menentukan sifat prima
dari sebuah bilangan, digunakan algoritma tes prima Rabin Miller.
c.
Perpangkatan modulo bilangan
besar menggunakan algoritma Fast
Exponentiation.
d.
Operasi inversi modulo
menggunakan algoritma Extended Euclidean.
e.
Fungsi hash yang digunakan adalah fungsi SHA-1.
6.
Input data berupa:
a.
Pesan (message) dengan panjang maksimal 50 karakter (dalam skema tanda
tangan digital).
b.
Bilangan prima p, dibatasi
maksimal 9 digit integer positif.
c.
Bilangan prima q (Untuk
memenuhi nilai q yang sesuai dengan syarat skema Schnorr, maka panjang bit
variabel q harus sekitar 1/3 dari panjang bit variabel p),
dibatasi maksimal 3 digit integer
positif.
d.
Nilai a (harus memenuhi syarat:
aq mod p = 1), dibatasi maksimal 5 digit integer positif.
e.
Nilai s (harus lebih kecil dari
q), dibatasi maksimal 3 digit integer
positif.
f.
Nilai r (harus lebih kecil dari
q), dibatasi maksimal 3 digit integer
positif.
g.
Nilai e, dibatasi maksimal 9
digit integer positif.
1.5. Metodologi Penyelesaian
Metode yang akan digunakan dalam
pembuatan perangkat lunak ini terdiri dari langkah-langkah berikut :
1.
Mengumpulkan
dan mempelajari berbagai referensi Kriptografi yang berkaitan dengan Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
2.
Mempelajari cara kerja dari Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
3.
Merancang interface dari perangkat lunak simulasi.
4.
Merancang perangkat lunak
simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme dengan
menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
5.
Melakukan proses pengujian dan
pengecekan kesalahan (error) terhadap
perangkat lunak yang telah dirancang.
1.6 Sistematika Penulisan
Tugas Akhir ini akan disusun berdasarkan sistematika pembahasan sebagai
berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, batasan
masalah, metodologi dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Tugas Akhir ini akan disusun berdasarkan sistematika pembahasan sebagai
berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, batasan
masalah, metodologi dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Menguraikan berbagai teori yang mendukung dan mendasari penulisan
tugas akhir ini.
BAB III ANALISIS SISTEM
Pada bab ini akan dilakukan analisa alternatif sistem yang akan
diaplikasikan.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM BARU
Pada bab ini akan dilakukan perancangan perangkat lunak dari sistem
yang diajukan.
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Bab ini berisi batasan, asumsi, serta lingkungan implementasi,
implementasi basis data, implementasi modul perangkat lunak,
implementasi antarmuka, pengujian aplikasi, dan analisis hasil.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang kesimpulan dari sistem yang dibuat serta saran untuk
tugas akhir ini.
BAB III ANALISIS SISTEM
Pada bab ini akan dilakukan analisa alternatif sistem yang akan
diaplikasikan.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM BARU
Pada bab ini akan dilakukan perancangan perangkat lunak dari sistem
yang diajukan.
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Bab ini berisi batasan, asumsi, serta lingkungan implementasi,
implementasi basis data, implementasi modul perangkat lunak,
implementasi antarmuka, pengujian aplikasi, dan analisis hasil.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang kesimpulan dari sistem yang dibuat serta saran untuk
===================================================================
Selengkapnya jika anda ingin mendapatkan Contoh Skripsi Perangkat Lunak Simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme, Lengkap File contoh skripsi Condari BAB I Sampai BAB 5 Penutup, Silahkan miliki filinye di sini
0 komentar
Post a Comment