Contoh Skripsi | Perangkat Lunak Simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme




1.1.      Latar Belakang
Otentikasi (authentication) merupakan identifikasi yang dilakukan oleh  masing – masing pihak yang saling berkomunikasi, maksudnya beberapa pihak yang berkomunikasi harus mengidentifikasi satu sama lainnya. Informasi yang didapat oleh suatu pihak dari pihak lain harus diidentifikasi untuk memastikan keaslian dari informasi yang diterima. Identifikasi terhadap suatu informasi dapat berupa tanggal pembuatan informasi, isi informasi, waktu kirim dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan informasi tersebut. Otentikasi pesan memang berhasil melindungi kedua belah pihak yang saling bertukar pesan dari pihak ketiga. Tetapi, otentikasi pesan tidak bisa mencegah kemungkinan kedua belah pihak saling menyerang satu sama lain. Pada situasi dimana tidak ada kepercayaan penuh antara pengirim dan penerima pesan, diperlukan suatu mekanisme yang lebih daripada sekedar otentikasi. Solusi yang paling menarik dari masalah ini adalah tanda tangan digital (digital signature). Tanda tangan digital adalah suatu mekanisme otentikasi yang memungkinkan pembuat pesan menambahkan sebuah kode yang bertindak sebagai tanda tangannya. Tanda tangan tersebut menjamin integritas dan sumber dari sebuah pesan.
Claus Schnorr’s authentication dan digital signature scheme mengambil sekuritas dari permasalahan menghitung logaritma diskrit. Skema ini menggunakan bilangan prima dan perpangkatan modulo dalam proses pembentukan kuncinya. Skema ini dipatenkan di Amerika Serikat dan akan berakhir pada tanggal 19 Pebruari 2008. Skema otentikasi dapat dimodifikasi menjadi skema tanda tanda digital (digital signature scheme). Proses pembentukan kunci privat dan publiknya sama seperti skema otentikasi, hanya saja pada skema tanda tangan digital ditambahkan sebuah fungsi hash.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme”.

1.2.      Perumusan Masalah

            Yang menjadi permasalahan dalam menyusun tugas akhir (skripsi) ini adalah
1.      Merancang interface dari perangkat lunak pemahaman.
2.      Menampilkan prosedur kerja dari Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.

1.3.      Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah memahami Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme, serta membuat suatu perangkat lunak untuk membantu proses pemahaman terhadap Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
            Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu :
1.      Bagi penulis sendiri, dapat membantu pemahaman terhadap Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme, serta dapat meningkatkan kemampuan pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
2.      Bagi pembaca, dapat digunakan sebagai alat bantu dalam memahami Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme serta dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.

1.4.      Pembatasan Masalah
Pembatasan permasalahan dalam membuat perangkat lunak simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme adalah sebagai berikut:
1.      Perangkat lunak akan menampilkan tahap – tahap perhitungan dalam bentuk desimal.
2.      Perangkat lunak menyediakan teori – teori dasar dari Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
3.      Perangkat lunak akan menjelaskan prosedur kerja dengan menggunakan bantuan animasi gambar.
4.      Pihak yang berinteraksi adalah 2 orang, yaitu Alice sebagai pihak pertama dan Bob sebagai pihak kedua.
5.      Algoritma pendukung yang digunakan dalam skema Schnorr adalah:
a.       Untuk menentukan sifat relatif prima, digunakan algoritma Greatest Common Divisor (GCD).
b.      Untuk menentukan sifat prima dari sebuah bilangan, digunakan algoritma tes prima Rabin Miller.
c.       Perpangkatan modulo bilangan besar menggunakan algoritma Fast Exponentiation.
d.      Operasi inversi modulo menggunakan algoritma Extended Euclidean.
e.       Fungsi hash yang digunakan adalah fungsi SHA-1.
6.      Input data berupa:
a.       Pesan (message) dengan panjang maksimal 50 karakter (dalam skema tanda tangan digital).
b.      Bilangan prima p, dibatasi maksimal 9 digit integer positif.
c.       Bilangan prima q (Untuk memenuhi nilai q yang sesuai dengan syarat skema Schnorr, maka panjang bit variabel q harus sekitar 1/3 dari panjang bit variabel p), dibatasi maksimal 3 digit integer positif.
d.      Nilai a (harus memenuhi syarat: aq mod p = 1), dibatasi maksimal 5 digit integer positif.
e.       Nilai s (harus lebih kecil dari q), dibatasi maksimal 3 digit integer positif.
f.       Nilai r (harus lebih kecil dari q), dibatasi maksimal 3 digit integer positif.
g.      Nilai e, dibatasi maksimal 9 digit integer positif.

1.5.      Metodologi Penyelesaian
Metode yang akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak ini terdiri dari langkah-langkah berikut :
1.      Mengumpulkan dan mempelajari berbagai referensi Kriptografi yang berkaitan dengan Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
2.      Mempelajari cara kerja dari Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme.
3.      Merancang interface dari perangkat lunak simulasi.
4.      Merancang perangkat lunak simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
5.      Melakukan proses pengujian dan pengecekan kesalahan (error) terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.

1.6 Sistematika Penulisan
Tugas Akhir ini akan disusun berdasarkan sistematika pembahasan sebagai
berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, batasan
masalah, metodologi dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
 Menguraikan berbagai teori yang mendukung dan mendasari penulisan
tugas akhir ini.
BAB III ANALISIS SISTEM
Pada bab ini akan dilakukan analisa alternatif sistem yang akan
diaplikasikan.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM BARU
Pada bab ini akan dilakukan perancangan perangkat lunak dari sistem
yang diajukan.
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Bab ini berisi batasan, asumsi, serta lingkungan implementasi,
implementasi basis data, implementasi modul perangkat lunak,
implementasi antarmuka, pengujian aplikasi, dan analisis hasil.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang kesimpulan dari sistem yang dibuat serta saran untuk
===================================================================

Selengkapnya jika anda ingin mendapatkan Contoh Skripsi Perangkat Lunak Simulasi Schnorr Authentication dan Digital Signature Scheme,  Lengkap File contoh skripsi Condari BAB I Sampai BAB 5  Penutup, Silahkan miliki filinye di sini

0 komentar

Post a Comment