Kampus TI | Pengertian Manajemen | Suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang kearah tujuan organisasi atau maksud yang nyata.
Sesuatu kegiatan untuk mengatur, merencanakan, melaksanakan, mengawasi jalannya kegiatan, sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik.
G. R. Terry, manajemen adalah usaha-usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
Albert Lepawsky, manajemen adalah tenaga/kekuatan yang memimpin, memberi petunjuk dan membimbing suatu organisasi dalam mencapai suatu tujuan yang ditentukan terlebih dahulu.
John D. Millett, manajemen adalah proses pembimbingan, pengarahan serta pemberian fasilitas kerja kepada orang-orang yang diorganisir dalam kelompok-kelompok jurnal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Dalton E.MC Farland, manajemen adalah suatu proses yang mana manajer sebagai mencipta, mengarahkan, memelihara dan melaksanakan tujuan organisasi melalui koordinasi dan kerjasama dari usaha manusia.
James AF. Stoner & Freeman, manajemen adalah seni melaksanakan pekerjaan melalui orang-orang (the art of getting things done through people).
Dari pengertian manajemen tersebut dapat ditarik kesimpulan :
- Manajemen sebagai proses / usaha / aktivitas
- Manajemen sebagai seni (art)
- Manajemen terdiri dari individu-individu/orang-orang yang melakukan aktivitas
- Manajemen menggunakan berbagai sumber-sumber dan faktor produksi yang tersedia dengan cara efektif dan efisien
- Adanya tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu
Orang yang menjalankan proses manajemen disebut seorang manajer. Manajer adalah orang yang memegang jabatan tertentu di dalam suatu organisasi dengan hak dan wewenang untuk mengambil dan mengelola keputusan serta melaksanakan seluruh tugas manajemen dengan mempergunakan semua unsur manajemen yang ada. Tugas manajer secara umum adalah memecahkan serta mencari jalan keluar dari masalah yang timbul di dalam suatu organisai.
0 komentar
Post a Comment