Makalah Persediaan Barang

Kampus TI | Makalah Persediaan Barang | Assalamu'alaikum kawan kampus TI. Di hari minggu ini saya akan share mengenai Makalah Persediaan Barang. Sebenarnya makalah ini punya temen saya ya tapi datanya ada di saya dan teman saya juga sudah mengizinkan makalahnya untuk di share di blog saya. Ya bagi kawan kampus TI yang membutuhkannya bisa di lihat dibawah ini. Dan untuk lebih lengkapnya bisa di download di link di akhir postingan ini.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar_Belakang
Perkembangan ekonomi yang semakin pesat serta tingkat persaingan yang semakin ketat mendorong para pelaku ekonomi untuk lebih tanggap terhadap perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan-perusahaan yang melaksanakan strategi-strategi tertentu agar kegiatan produksi tetap berjalan dan bertahan dalam persaingan pangsa pasar. Bahkan kalau perlu produk yang dihasilkan menjadi produk utama dan produk unggulan yang mampu memaksimalkan nilai perusahaan.
Salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan adalah kemampuan untuk memproduksi secara tepat waktu sesuai dengan target produksi, karena hal ini dapat memberikan keuntungan secara langsung maupun tidak langsung. Kemampuan perusahaan dalam  emproduksi secara tepat waktu didukung oleh kelancaran produksinya yang dipengaruhi oleh : dimilikinya peralatan produksi dengan kualitas yang baik dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan dalam kegiatan produksi, dan juga adanya jaminan tersedianya bahan baku produksi yang akan diolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus bisa pengelola dan memanajemen sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia sebagai factor utama yang menjalankan kegiatan perusahaan maupun sumber daya lain yang merupakan asset dari perusahaan itu sendiri. Salah satu asset yang dimiliki perusahaan adalah barang atau bahan yang akan dijual kepada konsumen.
Persediaan barang baik dalam usaha dagang maupun dalam perusahaan manufaktur merupakan jumlah yang akan mempengaruhi neraca maupun laporan rugi laba, oleh karena itu persediaan barang yang dimiliki selama satu periode harus dapat dipisahkan mana yang sudah dapat dibebankan sebagai biaya (HPP) yang akan dilaporkan dalam laporan rugi laba dan mana yang masih belum terjual yang akan menjadi persediaan dalam neraca.

1.2  Tujuan
*       Dapat mengetahui apa itu Pengertian Persediaan Barang
*       Mengetahui Metode Pencatatan Persediaan Barang
*       Mengetahui Metode Harga Pokok Persediaan
*       Mengetahui Unit-unit yang terkait

1.3  Metode Penulisan
Metode yang saya gunakan :
*       Mengumpulkan informasi
*        Menganalisis data – data yang sudah ada





1.4   Batasan Permasalahan
Dalam hal ini saya mempunyai batasan – batasan masalah terhadap Spesifikasi Komputer, diantaranya :
-          Pengertian Persediaan Barang
-          Metode Pencatatan Persediaan Barang
-          Metode Harga Pokok Persediaan
-          Unit-unit yang terkait
-          Sistem dan Prosedur yang bersangkutan dengan sistem akuntansi persediaan

1.5  Sistematika Penulisan
1      CoverJudul makalah
2      Abstrak
3      Kata pengantar
4      Daftar Isi
5      Bab I : Pendahuluan
6      Bab II : Isi / Pembahasan
7      Bab III : Kesimpulan / Saran
8      Daftar Pustaka

1 comment