Wednesday, June 20, 2012

PENGATURAN PADA BIOS DAN FUNGSINYA

Kampus TI | PENGATURAN PADA BIOS DAN FUNGSINYA | Assalamu'alaikum kawan kampus ti. Kali ini saya akan posting tentang PENGATURAN PADA BIOS DAN FUNGSINYA. Mungkin kawan kampus ti sudah pada tahu, tapi munkin saja ada kawan kampus ti yang belum mengetahuinya dan lagi belajar tentang menjadi Teknisi Komputer. Berikut pejelasannya.


Pengaturan jam dan tanggal fungsinya adalah untuk menseting jam dan tanggal pada komputer kita.
Caranya : Pada kolom Main kita pilih Sistem Time, dengan cara menggerakannya dengan pad panah pada keyboard. Setelah itu atur jamnya dan sesuaikan dengan jam yang ada di rumah. Dan atur pula tanggalnya dan sesuaikan dengan tanggal yang benar.

Pengaturan pada IDE Configuration fungsinya adalah untuk mengetahui apakah komponen yang kita pasang pada slot IDE sedah terpasang ataukah belum, apabila disana belum terbaca hard disk dan CDROMnya maka ada kemungkinan komponen tersebut tidak terpasang dengan benar.
Caranya : Pada kolom Advanced pilih IDE Configuration, kemudian Enter. Disana akan terlihat komponen yang terpasang pada slot IDE.

Untuk melihat Floppy yang terpasang pada PC kita, kita bisa melihatnya di kolong Advanced, kemudian pilih Floppy Configuration, maka akan terlihat Floppy tersebut sedah terpasang dengan benar atau tidak.

Pengaturan Boot fungsinya adalah untuk mengatur Boot pada komputer kita. Disana ada 3 pilihan Boot yaitu hard disk, CDROM dan Floppy. Pengaturan Boot biasanya di lakukan apabila kita akan menginstal OS yang baru dan Bootnya melalui CDROM.
Cara pengaturannya : pada kolom Boot kita pilih Boot Device Property kemudian Enter.
Kita atur Boot pertamanya pada CDROM, Boot keduanya pada hard disk dan Boot ketiganya pada Floppy disk.

Pada kolom Boot disana juga ada untuk meng-enebel dan disebelkan hard disk, CDROM dan Floppy disk.

Pengaturan Power fungsinya adalah untuk meng-inebel dan disebelkan power pada komputer kita,
Caranya : Pada kolom power kita pilih Power Mnagement/APM kemudian tekan Enter. Kemudian disana akan ada dua pilihan yaitu Enabled dan Disabled.

Memberikan Password pada bios kita fungsinya adalah untuk menghindari penggunaan orang lain yang tidak mempunyai hak untuk mengatur bios kita.
Caranya : Pada kolom Security kita pilih Change Supervisor password kemudian Enter. Ketikan password yang kita inginkan dan ketik ulang password tersebut.
jika ingin menghilangkan password yang sudah kita buat, kita tinggal memilih Clear User password kemudian OK.

Untuk keluar dari BIOS kita tinggal masuk pada kolom Exit. Jika kita ingin keluar dari BIOS dengan menyimpan hasil setingan, kita tinggal memilih Exit Saving Change.

Untuk lebih jelasnya bisa mendownloadnya DISINI

Artikel PENGATURAN PADA BIOS DAN FUNGSINYA ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel PENGATURAN PADA BIOS DAN FUNGSINYA ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link PENGATURAN PADA BIOS DAN FUNGSINYA sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Ditulis Oleh : Abgi Nugraha Hari: 10:00 PM Kategori:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment