Saturday, May 19, 2012

Teknik Informatika [Review]

Kampus TI | Teknik Informatika | Assalamu'alaikum kawan kampus ti. Di hari Minggu ini saya akan mereview tentang jurusan yang berada di perguruan tinggi yang sedang di minati oleh banyak mahasiswa baru ya bisa di katakan jurusan ini sedang naik daun hehe. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan sangat cepat. Berawal sekitar tahun 90-an, ketika komputer pertama kali diperkenalkan ke dalam dunia pendidikan dasar di Indonesia. Bersamaan dengan hal ini pula, komputer mulai memberikan nilai lebih untuk para calon pelamar pekerjaan (Job-seeker). Dengan membawa selembar sertifikat hasil kursus komputer, seorang pelamar pekerjaan akan dapat mengalahkan pelamar yang lain dalam kualifikasi administrasi. 

Bersamaan dengan itu maka semakin banyak pula perguruan tinggi atau universitasi yang mulai membuka program studi komputer di institusi mereka. Hal ini menjadikan komputer program studi Teknik Informatika menjadi primadona sekaligus lahan bisnis pendidikan yang sangat menjanjikan. Pihak industri membutuhkan banyak pekerja dengan keahlian komputer, dan pihak penyelenggara pendidikan menjanjikan kemampuan lulusan yang dapat diterima oleh pihak yang menawarkan pekerjaan atau industri. Jika anda yang tertarik denga jurusan Teknik Informatika ada baiknya anda mengetahui apa itu Teknik Informatika sendiri serta apa yang di pelajari di Teknik Informatika dan prospek lulusannya bagaimana.

 APA ITU TEKNIK INFORMATIKA ?
Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari bagaimana logika-logika matematika yang digunakan pada sistem informasi. Perancangan desain informasi, pembuatan software, web design, dll merupakan hal yang menjadi bidang garap jurusan ini Kemampuan di bidang matematika akan sangat diperlukan dalam mendalami bidang informatika. Teknik Informatika juga merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Teknik Informatika mungkin bisa dibilang sebagai jurusan terfavorit di era sekarang. Perkembangan teknologi informasi menuntut agar tidak ketinggalan dengan teknologi yang ada. Hal ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi masa kini dan masih sangat minimnya tenaga IT di Indonesia.

Sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 10.000 tenaga IT, tidak heran bahwa tenaga IT professional di Indonesia ini sangatlah dibutuhkan dan pastinya akan di bayar dengan gaji yang tidak sedikit. Oleh karena itu diperlukannya sumber daya manusia yang menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi dan juga mampu menerapkan dan mengembangkan tekhnologi informasi di berbagai bidang. Program studi jurusan Tekhnik Informatika ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di bidang teknologi informasi sebagai sumber daya manusia yang professional.

Sarjana IT tidak hanya menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri. Para lulusan Teknik Informatika jika didukung dengan kemampuan wirausaha yang cukup pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses. Hal ini di dukung oleh fakta bahwa masih minimnya produk-produk IT buatan dalam negeri. Program-program buatan dalam negeri yang jauh lebih berkualitas dan lebih murah tidak kalah saing dengan produk luar negeri.

Yang Dipelajari di Teknik Informatika  
Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.
Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :
1.   Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak
2.   Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
3.   Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
4.   Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.
Mata kuliah yang dipelajari pada Teknik Informatika :


1. Agama
2. Matematika Terapan
3. Bahasa Inggris
4. Matematika diskrit
5. Konsep Teknologi Informasi
6. Algoritma Pemrograman
7. P. Algoritma Pemrograman
8. Sistem Basis Data
9. Elektronika Digital
10. P. Elektronika Digital
11. Keterampilan Komputer
12. Struktur Data
13. Praktikum Struktur Data
14. Basis Data
15. Praktikum Basis Data
16. Model dan Sistem Informasi
17. Bahasa Assembly
18. Praktikum Bahasa Assembly
19. Organisasi Komputer
20. Arsitektur Komputer
21. Sistem Operasi
22. Praktikum Sistem Operasi
23. Pemrograman Berbasis Obyek
24. P. Pemrograman Berbasis Obyek
25. Komunikasi Data
26. Metode Numerik
27. Praktikum Metode Numerik
28. Dasar- Dasar Jaringan
29. Praktikum Dasar-Dasar Jaringan
30. Desain Web
31. Praktikum Desain Web
32. Rekayasa perangkat Lunak
33. Kecerdasan Buatan
34. Pengolahan Citra Digital
35. Pemrograman Web
36. Praktikum Pemrograman Web
37. Administrasi Jaringan
38. Administrasi Database
39. Kewarganegaraan
40. Manajemen Proyek
41. Bahasa Indonesia
42. Interaksi Manusia dan Komputer
43. Pancasila

Itulah beberapa mata kuliah yang diajarkan di Teknik Informatika. Munkin saja tiap kampus itu berbeda
mata kuliah yang di ajarkannya. Jadi, lebih lengkapnya silakan buka web kampus yang kamu inginkan dan 
lihat mata kuliahnya.

Prospek Lulusan Teknik Informatika
Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).

Untuk Profesi dari lulusan Teknik Informatik bisa masuk sini 

Berikut ini artikel dari website LSP Telematika Indonesia :
“Peluang kerja di bidang Teknik Informatika pada tahun-tahun mendatang diperkirakan akan melonjak drastis seiring dengan kemajuan teknologi di berbagai bidang yang membutuhkan adaptasi pasaran kerja. Kebutuhan tenaga IT di bidang industry software baik di dalam maupun luar negeri juga terus naik taja. Misalnya tahun 2015 saja, kebutuhan tenaga IT di luar negeri mencapai 3,3 juta lapangan kerja. Sedangkan dalam negeri sendiri, kebutuhan tenaga IT diperkirakan mencapai 327.813 orang. Kebutuhan tenaga professional IT di dalam negeri itu didasarkan pada proyeksi pertumbuhan industry tahun 2010 yang memiliki target produksi sekitar 8.195.33 US $, dengan asumsi produktifitas 25.000 per orang. Beberapa Negara maju dan berkembang saat ini mulai merasakan tingginya kebutuhan akan tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi. Menurut Ir Stefanus Thomas Suhalim, Ketua STMIK Propinsi Semarang, beberapa waktu yang lalu, Cina saat ini menghasilkan 200.000 tenaga kerja IT setiap tahun. Namun demikian, jumlah tersebut belum mencukupi kebutuhan pasar kerja IT sebanyak 2,2 juta orang. Sementara di Amerika, mengutip laporan Information Technology Association of America pada tahun 2011 saja sudah terbuka peluang bagi 900.000 tenaga kerja di bidang itu. Namun, dari jumlah tersebut, 425.000 kesempatan tidak terisi. “Mereka kekurangan pelamar yang memenuhi kualifikasi teknis dan nonteknis” kata Suhalim mengomentari kebingungan negara-negara itu terhadap kurangnya tenaga IT”.

Dari artikel di atas dapat diketahui bahwa Sarjana Teknik Informatika sangat diminati perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun di dunia. Mungkin hanya itu review yang bisa saya berikan kepada kawan kampus ti, semoga dapat menjadi pencerahan bagi kawan kampus ti yang berminat untuk masuk jurusan Teknik Informatika ini. Jika anda masih belum merasa puas tentang review yang saya berikan anda bisa cari di google tentang jurusan Teknik Informatika ini. Bila anda ingin menambahkan dipersilahkan berkomen dengan sopan dibawah ini. 

Referensi : Dari berbagai sumber di internet

Artikel Teknik Informatika [Review] ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Teknik Informatika [Review] ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Teknik Informatika [Review] sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Ditulis Oleh : Abgi Nugraha Hari: 8:20 PM Kategori:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment